Reboan Agung, 14 Juli 2021
Wali Abdul Hakīm (46)
عبد الحكيم هو الذي بصره الله بمواقع الحكمة في الأشياء ووفقه للسداد في القول والصواب، فلا يرى خللا في شيء إلايسده ولا فسادا ألا يصلحه
Wali Abdul Hakim adalah hamba yang dikaruniai kemampuan memandang dengan pandangan Allah dengan seluk-beluk hikmah dan kemampuan untuk menyempurnakannya dalam bentuk ucapan atau kebenaran. Setiap tampak kekurangan pada sesuatu maka Wali Abdul Hakim akan menyempurnakan. Begitu pula ketika melihat keburukan maka Wali Abdul Hakim akan memperbaikinya.
Wali Abdul Hakim adalah hamba yang telah sempurna Islam, Iman. Ihsan dan Iqanya sehingga dipakaikan baju kebesaran Allah Al-Hakim.
Wali Abdul Wadūd (47)
عبد الودود هو من كملت مودته لله ولأوليائه جميعا، فأحَبَّه الله وألقى محبته على جميع خلقه، فأحبه الكل إلا جهال الثقلين.
Wali Abdul Wadūd adalah hamba yang sempurna kasihsayangnya kepada Allah dan seluruh waliNya sehingga Allah membalas kasihsayangnya bahkan mendiatribuaikannya untuk semua makhlukNya. Lantas semua makhluk mengasihi Wali Abdul Wadūd kecuali makhluk-makhluk bodoh.
Wali Abdul Majid (48)
Yaitu wali yang diagungkan oleh Allah dengan keagungan akhlak, sifat, penerapan ilmu dengan Akhlak Allah (akhlaq rabbanī) dalam interaksinya dengan manusia karena telah memerankan peran Tuhan dalam menyapa hamba-hambaNya.
TAFSIR JAILANY
و { ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ } يوقنون ويذعنون بأسراره ومعارفه { بِٱلْغَيْبِ } أي: غيب الهوية الذي هو ينبوع بحر الحقيقة وإليه منتهى الكلم، وبعد ذلك يتوجهون بمقتضيات أحكامه نحوه، ويهدون إليه بسببه { وَيُقِيمُونَ } يديمون { ٱلصَّلٰوةَ } الميل بجميع الأعضاء والجوارح على وجه الخضوع والتذلل إلى جنابه؛ إذ هو المقصد للكل إجمالاً وتفصيلاً، ولكل عضو وجارحة تذلل خاص وله طريق مخصوص يناسبه، يرشدك إلى تفاصيل الطرق، فعله صلى الله عليه وسلم في صلاته على الوجه الذي وصل إلينا من الرواة المجتهدين - رضوان الله عليهم أجمعين - ولما تنبهوا له به بمتابعته ومالوا نحو جنابه بالميل الحقيقي بالكلية لم يبق لهم ميل إلى ما سواه من المزخرفات الفانية لذلك { وَممَّا رَزَقْنَاهُمْ } سقنا إليهم ليكون بقياً لحياتهم ومقوماً لمزاجهم { يُنْفِقُونَ }
Ayat tersebut mengidentifikasi 3 tahapan beragama yaitu iman, shalat dan makna zakat (menggunakan rizqi dariNya) atau
- Islam (يقيمون الصلاة)
- Iman ( يؤمنون بالغيب)
- Ihsan (مما رزقناهم ينفقون)
Menurut syaikh Abdul Qadir:
في سبيلنا طلباً لمرضاتنا وهرباً عما يشغلهم عنا،
"dalam metode kita dalam rangka meraih ridlaNya dan lari menjauh dari hal-hal yang membuat kita menyimpang.
فكيف إنفاق الفواضل؟
Lantas bagaimana cara menggunakan keutamaan-keutamaan yang di berikan oleh Allah?
Silakan mengikuti ayat selanjutnya (Al-Baqarah: 4)
Original post :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=376259680590671&id=107571654126143
Tidak ada komentar:
Posting Komentar